Bambang Optimis Pemilukada Aceh Netral

Bambang Optimis Pemilukada Aceh Netral
28 Maret 2011 | Administrator

Banda Aceh (The Globe Journal) - Wakil Ketua Dewan Pers Nasional  (DPN) Bambang Harymurti mengatakan dirinya optimisme bahwa Pemilukada Aceh akan lebih baik. Ia menghimbau agar media dan wartawan yang meliput jalannya Pemilukada dapat bersikap independen atau netral, berpihak pada kepentingan publik, kritis, Adil dan peka pada upaya menipulasi yang tentu terjadi di proses pemilukada.

Bambang menyampaikan hal tersebut dalam acara seminar bertema "Independensi  Media dalam Menyongsong Pemilukada  Aceh  2011", Sabtu (26/03) bertempat di Gedung Training Centre Fakultas Tehnik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh. Selain menghadirkan  Bambang Harymurti, turut menjadi pembicara anggota Komisi A DPRA Abdullah Saleh serta anggota Komisi Inderpendent Pemilihan (KIP) Aceh bidang sosialisasi Pemilukada, Akmal Abzal, SHI

Bambang melanjutkan, "Pasal 1 UU.No 40 tahun 1999 tentang Pers menyebutkan wartawan Indonesia bersikap Independen, penafsirannya independen berarti memberitakan peristiwa atau fakta sesuai dengan suara hati nurani tanpa campur tangan, paksaan dan intervensi dari pihak lain termasuk pemilik perusahaan pers," tegasnya.

Pasal 3 UU Pers tersebut juga menyatakan "Wartawan Indonesia selalu menguji informasi, memberitakan sewcara berimbang, tidak mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi serta menerapkan asas praduga tak bersalah,"demikian jelas Pemimpin Redaksi Majalah Tempo tersebut.

Bambang Harymurti dikesempatan tanya jawab juga mengatakan, "Advertorial boleh saja, kalau berita itu yang tidak boleh, khusus untuk media seperti radio dan televisi karena memakai frekwensi/ranah publik seharusnya diatur soal advertorialnya," ujarnya.

Abdullah Saleh dalam sesi diskusi menjawab pertanyaan tentang adakah draft qanun Pemilukada tentang penyuapan menjawab, "Belum ada draft rancangan qanun yang mengatur tentang penyuapan kandidat ke media misalnya."

Ia mencontohkan calon kandidat yang datang ke lokasi bencana bawa bantuan dan juga wartawan yang kemudian mendapat pemberitaan di.

Akmal Abzal menjawab sejumlah pertanyaan yang dilontarkan mahasiswa, mengatakan, " Persiapan, penjadwalan, penyusunan anggaran serta proses tahapan Pemilukada terus kita jalankan. Namun persoalannya anggaran untuk sosialisasi masih belum ada, sebab belum ketok palu! Bukan begitu Tgk?" tanya Akmal sambil melirik ke arah Abdullah Saleh.

Kegiatan yang dihadiri puluhan mahasiswa Unsyiah dan IAIN Ar-Raniry ini gagas Pemerintahan Mahasiswa (Pema) Universitas Syiah Kuala kabinet Unsyiah Bersatu 2010/2011 Departemen Komunikasi dan Informasi ini turut disponsori Bank Aceh dan radio Seulaweut 91FM. (Alfan Raykhan Pane)

 

Sumber: www.theglobejournal.com | Sabtu, 26 Maret 2011 

http://www.theglobejournal.com/kategori/politik/bambang-optimis-pemilukada-aceh-netral.php



Download