Pernyataan Dewan Pers Tentang Gempa dan tsunami di Jepang

Pernyataan Dewan Pers Tentang Gempa dan tsunami di Jepang
27 Juli 2015 | Administrator

Pernyataan Dewan Pers
Tentang
Gempa dan tsunami di Jepang

Berhubung dengan musibah gempa dan tsunami di Jepang, Dewan Pers menganggap perlu menyampaikan pesan kepada jajaran pers di seluruh tanah air sebagai berikut:

  1. Dewan Pers menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh media dan insan pers Indonesia yang dengan cepat menyampaikan informasi musibah tersebut kepada seluruh rakyat Indonesia. Penyampaian informasi ini sangat berguna untuk memberikan kewaspadaan kepada masyarakat di beberapa daerah yang berpotensi terkena dampak tsunami dan untuk menggelorakan solidaritas masyarakat Indonesia untuk korban tsunami di Jepang.
  2. Dewan Pers menghargai simpati pers Indonesia kepada masyarakat di Jepang yang terkena musibah dan usaha media mengetuk hati masyarakat Indonesia untuk meringankan beban material dan immaterial yang harus mereka pikul.
  3. Dalam memberitakan musibah tersebut Dewan Pers menyerukan agar:
  • Pers Indonesia secara konsisten menerapkan Kode Etik Jurnalistik.
  • Sedapat mungkin menghindari bentuk pemberitaan yang dapat menambah kesedihan para pembaca atau pemirsa, terutama bagi mereka yang mempunyai hubungan keluarga atau pertemanan dengan para korban.
  • Sedapat mungkin menghindari yang dapat menimbulkan kekhawatiran atau ketakutan yang berlebihan pada semua pihak, misalnya pada masyarakat yang berpotensi terkena bencana tsunami di beberapa daerah di Indonesia.

Jakarta, 17 Maret 2011
Dewan Pers

ttd

Bagir Manan
Ketua



Download