Siaran Pers: Seruan Dewan Pers untuk Masyarakat Pers Terkait Perkembangan Pelaksanaan Pilpres 2014

images

Jakarta - Malam ini (22/7/2014) Dewan Pers mengeluarkan seruan menyikapi perkembangan terakhir pelaksanaan Pilpres 2014. Berikut Seruan Dewan Pers tersebut selengkapnya:

SERUAN DEWAN PERS
Nomor: 03/Seruan-DP/VII/2014

Pada hari ini, Selasa 22 Juli 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dijadwalkan menyelesaikan dan mengumumkan hasil perhitungan suara nasional Pilpres 2014. KPU merupakan lembaga negara yang oleh konstitusi mendapat mandat untuk menyelenggarakan Pemilihan Umum.

Menyikapi perkembangan terakhir, terkait proses Pemilihan Presiden tahun 2014, dengan ini Dewan Pers menyampaikan seruan kepada masyarakat pers di seluruh tanah air:

1.    Pers bertanggung jawab untuk menjaga berlangsungnya proses demokrasi yang sehat dan bermartabat karena pers Indonesia merupakan salah satu pilar demokrasi.

2.    Pers Indonesia memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga suasana masyarakat yang tetap tenang dan tenteram melalui pemberitaan yang taat pada prinsip-prinsip jurnalistik dan Kode Etik Jurnalistik.

3.    Pers harus menghindari pemberitaan yang provokatif, menimbulkan ketegangan dan salah pengertian ataupun menyebarkan kebencian yang berpotensi menimbulkan perpecahan di masyarakat.

Dewan Pers juga meminta masyarakat untuk bijaksana menyikapi pemberitaan yang disampaikan oleh media, khususnya pemberitaan seputar pilpres.

Jakarta, 22 Juli 2014

Dewan Pers


Bagir Manan
Ketua

By Administrator| 22 Juli 2014 | berita |