Dewan Pers dan BNPT Jalin Kerjasama

images

(Berita Dewan Pers) Jakarta – Ketua Dewan Pers, Bagir Manan, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Ansyaad Mbai, menandatangani Nota Kesepahaman antarkedua lembaga di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Selasa, 15 April 2014.


Pembuatan Nota Kesepahaman tentang Kerjasama Dalam Rangka Menjaga Profesionalitas Pemberitaan Media Massa Mengenai Penanggulangan Terorisme ini bertujuan, antara lain, untuk meningkatkan kompetensi wartawan dalam pemberitaan tentang penanggulangan terorisme. Melalui Kesepahaman ini, akan bersama disusun pedoman peliputan terorisme dan pelatihan jurnalistik di berbagai daerah.


Ketua Dewan Pers, Bagir Manan, dalam sambutannya mengatakan, kalangan pers dan BNPT sama-sama melihat terorisme sebagai kejahatan yang harus dicegah. Hanya saja, terkadang muncul persepsi berbeda tentang bagaimana cara mengatasinya. Inilah salah satu persoalan yang harus terus didialogkan.


Ia menambahkan, persoalan terorisme tidak semata masalah ideologis, tetapi juga terkait kesejahteraan rakyat. Ada persoalan non-ideologis yang membuat orang mudah diajak ke sana. “Karena itu, betapa penting aksi berikutnya dengan pendekatan ekonomi dan sosial,” ungkapnya.   


Sementara itu, Kepala BNPT, Ansyaad Mbai mengatakan, pers memiliki peran penting dan strategis dalam penanggulangan terorisme. Dalam memberitakan kasus terorisme, pers ingin berimbang. Namun, ia mengingatkan, perlunya pers mempertimbangkan perlindungan masyarakat dan ancaman terhadap negara dari terorisme. (red)

By Administrator| 15 April 2014 | berita |