Delegasi Myanmar Pelajari Pers Indonesia

images

Jakarta (Berita Dewan Pers) – Tujuh delegasi pers dari Myanmar selama dua hari, 25-26 Juli 2012, berkunjung ke Jakarta untuk mempelajari pers Indonesia. Mereka berasal dari Kementerian Informasi Myanmar, pengacara, dan beberapa wartawan dari media besar di Myanmar.

Pada hari pertama kunjungan, para delegasi menghadiri diskusi yang digelar khusus oleh Dewan Pers di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta. Dalam diskusi ini, Dewan Pers mengundang sejumlah lembaga dan tokoh untuk menyampaikan presentasi di hadapan para delegasi Myanmar. Hadir dalam diskusi, antara lain, anggota Dewan Pers, anggota DPR, wakil dari organisasi pers, anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), anggota kepolisian, perwakilan kedutaan besar negara asing, dan tokoh pers seperti Atmakusumah Astraatmadja.

Pada hari kedua, para delegasi Myanmar bertemu dengan anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan berkunjung ke kantor redaksi majalah Tempo.

Dalam waktu dekat ini Myanmar berencana menyusun UU tentang Pers baru. Di sana juga akan dibentuk lembaga semacam Dewan Pers. Komunikasi antara Dewan Pers dengan komunitas pers dan pemerintah Myanmar telah berjalan intensif dalam beberapa bulan terakhir. Awal bulan Juni ini, Wakil Ketua Dewan Pers, Bambang Harymurti, telah diundang ke Myanmar untuk menyampaikan presentasi tentang pers dan Dewan Pers Indonesia. (red)

By Administrator| 26 Juni 2012 | berita |