Naskah Kompetensi Wartawan Akan Diratifikasi

images

Jakarta (Berita Dewan Pers) - Dua diskusi kembali digelar Dewan Pers untuk membahas kompetensi wartawan pada bulan September lalu. Diskusi yang dihadiri perwakilan dari organisasi dan tokoh pers serta akademisi ini, antara lain menghasilkan dua kesimpulan untuk ditindaklanjuti.

Pertama, akan disusun naskah kompetensi wartawan versi singkat. Naskah ini dijadikan sebagai salah satu bahan yang diratifikasi oleh perusahan pers. Selain naskah kompetensi, program ratifikasi yang saat ini sedang dirancang oleh organisasi pers bersama Dewan Pers, rencananya juga meratifikasi beberapa Peraturan Dewa Pers lainnya seperti Kode Etik Jurnalistik dan Standar Perusahaan Pers.

Selain versi singkat, juga akan disusun naskah kompetensi versi lengkap sebagai revisi terhadap buku ”Kompetensi Wartawan: Pedoman Peningkatan Profesionalisme Wartawan dan Kinerja Pers” yang diterbitkan Dewan Pers tahun 2004. Naskah kompetensi versi singkat merupakan rangkuman dari versi lengkap.

Dua diskusi ini juga berhasil menyerap masukan dari peserta mengenai isi kompetensi wartawan, terutama menyangkut kriteria penilaian atau uji kompetensi yang belum cukup tereksplorasi dalam buku kompetensi yang ada.

By Administrator| 19 Oktober 2009 | berita |