Siaran Pers: Sembilan Anggota Dewan Pers 2010-2013 Terpilih

images

Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) Dewan Pers 2010-2013 telah memilih sembilan anggota Dewan Pers periode 2010-2013. Dalam rapat di Sekretariat Dewan Pers di Gedung Dewan Pers Lantai 7 Jl. Kebon Sirih No. 32 Jakarta Pusat, Kamis, 7 Januari 2010, BPPA selesai memilih 9 anggota Dewan Pers, dari 18 nama calon yang lolos seleksi pada tahap sebelumnya (11 Desember 2009).

Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) Dewan Pers dibentuk oleh Dewan Pers untuk memilih anggota Dewan Pers Periode 2010-2013. Pemilihan ini untuk menggantikan anggota Dewan Pers Periode 2007-2010 yang akan berakhir masa tugasnya pada Februari 2010.

Komposisi anggota Dewan Pers, menurut Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, terdiri dari sembilan orang yang terdiri dari 3 orang wakil wartawan, 3 orang dari perusahaan pers dan 3 orang dari tokoh masyarakat.

Berdasarkan hasil rapat yang dimulai sekitar pukul 14.00 hingga 16.30 WIB itu, anggota yang terpilih masing-masing: unsur wartawan terdiri dari Bambang Harymurti, Margiono, dan Bekti Nugroho; wakil dari unsur perusahaan pers adalah ABG Satria Naradha, M. Ridlo Eisy, dan Uni Zulfiani Lubis. Untuk yang mewakili tokoh masyarakat adalah Wina Armada Sukardi, Agus Sudibyo, dan Bagir Manan.

Dewan Pers, menurut Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, memiliki tugas antara lain: melindungi kemerdekaan pers dari campur tangan pihak lain, melakukan pengkajian untuk pengembangan kehidupan pers; menetapkan dan mengawasi pelaksanaan Kode Etik Jurnalistik; dan memberikan pertimbangan dan mengupayakan penyelesaian pengaduan masyarakat atas kasus-kasus yang berhubungan dengan pemberitaan pers.

Selain itu, Pasal 15 Undang Undang Pers juga memberi mandat kepada Dewan Pers untuk mengembangkan komunikasi antara pers, masyarakat, dan pemerintah; memfasilitasi organisasi-organisasi pers dalam menyusun peraturan-peraturan di bidang pers dan meningkatkan kualitas profesi kewartawanan; serta melakukan pendataan terhadap perusahaan pers.

Dengan usainya rapat pemilihan yang memilih 9 anggota Dewan Pers, BPPA akan menyampaikan hasilnya kepada pengurus Dewan Pers. Selanjutnya, Dewan Pers akan menyampaikan 9 anggota itu kepada Presiden untuk ditetapkan melalui keputusan presiden. BPPA berharap anggota Dewan Pers baru ini bisa ditetapkan Presiden sebelum periode anggota Dewan Pers periode 2007-2010 ini berakhir masa tugasnya pada Februari 2010.

Pemilihan anggota Dewan pers ini diikuti oleh tujuh anggota BPPA serta tiga wakil Dewan Pers saat ini. Anggota BPPA terdiri dari Karni Ilyas (ketua), Abdul Manan (sekretaris), Priyambodo RH, Imam Wahyudi, Jimmy Silalahi, Irwan Hidayat, Wim Tangkilisan. Tiga anggota Dewan Pers yang ikut dalam pemilihan masing-masing Ichlasul Amal, Sabam Leo Batubara, dan Garin Nugroho. (badan pekerja)

Kontak Person: Abdul Manan (0818.948316)

By Administrator| 07 Januari 2010 | berita |