Mahasiswa Denpasar dan Malang Menangkan Festival Kreatif Mahasiswa Dewan Pers

images

BANDUNG – Rangkaian acara Anugerah Dewan Pers tidak hanya memberikan penghargaan kepada karya jurnalistik dan perusahaan pers saja. Acara ini juga menghadirkan ajang Festival Kreatif Mahasiswa yang mengajak para mahasiswa untuk membuat konten tentang dunia jurnalistik terbaik di media sosial. Bertepatan dengan talk show “Jurnalisme Berkualitas untuk Peradaban Bangsa”, pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah pun digelar pada Senin (12/12/2022) di Hotel Trans Luxury, Bandung, Jawa Barat.

Festival Kreatif Mahasiswa terbagi dalam dua kategori, yaitu kategori Tulisan dan Video. Para pemenang berhasil menyisihkan puluhan karya yang dikirimkan para mahasiswa dari berbagai kampus di seluruh Indonesia.

Pada kategori Video, penghargaan diberikan kepada Faradita Putri Aura Maharani dari Universitas Pendidikan Nasional Denpasar (juara 1), Dzaki Aziz Naufal Alif dari Universitas Diponegoro Semarang (juara 2), Ferdinand Andre Tatontos dari Universitas Indonesia Jakarta (juara 3), serta Marga Tri Santika dari STAHN MPU Kuturan Singaraja Bali dan Annisa Nuratin dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta sebagai juara favorit.

Sementara pada kategori Tulisan, penghargaan diberikan kepada M. Kholilur Rohman dari UIN Malik Ibrahim Malang (juara 1), Irmalasari dari Universitas Hasanuddin Makassar (juara 2), Eka Sandri Yusuf dari Universitas Muhammadiyah Gorontalo (juara 3), serta Andini Pradya Savitri dari Institut Seni Indonesia Surakarta dan MR Firmansyah dari UPN Veteran Yogyakarta sebagai juara favorit.

“Festival Kreatif Mahasiswa kami selenggarakan untuk mencari bibit-bibit unggul di bidang jurnalistik agar dunia pers berkualitas bisa dilestarikan di masa depan,” kata Ketua Panitia Anugerah Dewan Pers 2022, Asmono Wikan, Senin (12/12/2022), di Bandung.

Untuk mengikuti Festival Kreatif Mahasiswa, para peserta diminta untuk membuat konten tulisan feature di blog, Facebook, dan Instagram, atau konten video di Reels dan Tiktok, sekreatif mungkin. Semua harus dibuat sesuai tema “Andai Aku Jadi Jurnalis” atau “Harapan kepada Dewan Pers”.

Festival Kreatif Mahasiswa dan talk show “Jurnalisme Berkualitas untuk Peradaban Bangsa” merupakan side event dari rangkaian acara Anugerah Dewan Pers 2022. Besok, malam penganugerahan akan digelar pada Selasa (13/12/2022) di lokasi yang sama. Sebanyak 7 penghargaan untuk 7 kategori akan diberikan kepada karya jurnalistik terbaik dari kategori cetak, siber, foto, radio, dan televisi serta perusahaan pers/media dari kategori jumlah karyawan <100 orang dan jumlah karyawan >100 orang.

Malam Anugerah Dewan Pers rencananya akan dihadiri sejumlah tokoh pers nasional dan pimpinan lembaga pemerintahan. Selain pengumuman pemenang, acara juga akan dimeriahkan dengan penampilan Yura Yunita. Penyanyi bernama asli Yunita Rachman ini akan menghibur hadirin dengan sejumlah tembang populernya seperti Tutur Batin dan Dunia Tipu-tipu.

Anugerah Dewan Pers merupakan ajang yang bertujuan memberikan apresiasi kepada insan pers yang telah berkarya dan memberikan kontribusi bagi jurnalisme berkualitas dan kemerdekaan pers. Di samping itu, ajang ini juga bertujuan untuk memberikan motivasi bagi ekosistem pers agar senantiasa menjaga kemerdekaan pers melalui karya-karya jurnalisme yang berkualitas. Anugerah Dewan Pers diharapkan mampu mempromosikan kemerdekaan pers dan jurnalisme berkualitas dalam membangun peradaban bangsa yang luhur. (ira)

By MediaCentre2| 14 Desember 2022 | berita |