Hari Pers Nasional 2022 Konvensi Nasional Media Massa

images

Dewan Pers menyelenggarakan Konvensi Nasional Media Massa di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 7-8 Februari 2022. Konvensi tersebut merupakan rangkaian acara Hari Pers Nasional yang diselenggarakan tiap tahunnya. Tahun ini, Konvensi Nasional Media Massa mengangkat 2 tema besar, yakni Membangun Kedaulatan Nasional di Tengah Gelombang Digitalisasi Global, dan, Membangun Model Media Massa yang Berkelanjutan.

Dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19, Konvensi Nasional Media Massa digelar secara hybrid, dengan mengikuti protokol Kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Baik nara sumber maupun peserta, sebagian hadir secara luring, dimana yang lain ikut bergabung secara daring di lokasi masing-masing.

Konvensi Nasional Media Massa hari pertama pada Senin (7/2) dibuka oleh Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, Ketua Dewan Pers Periode 2019-2022 Mohammad NUH, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten I) Muhammad Ilyas, serta pengantar kunci dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin yang hadir secara daring.

Sesi pertama dimulai pukul 10.00 WITA dengan topik Kemandirian Indonesia dalam Mengelola Transformasi Digital. Sesi ini dimoderatori oleh Anggota Dewan Pers, Asep Setiawan dan menghadirkan nara sumber Menteri BUMN Erick Thohir yang hadir secara daring, tokoh pers yang juga Wakil Ketua Dewan Pers Periode 2010-2013 Bambang Harymurti yang hadir secara langsung di lokasi Konvensi, Bonifasius Wahyu Pudjianto, Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika yang memaparkan materi secara daring, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani yang diwakili oleh Yon Arsal, Staf Ahli Bidang Kepatuhan Pajak Kementerian Keuangan RI secara daring.

Sesi kedua dibuka dengan penyampaian pengantar dari Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo secara daring. Tema pada sesi kedua ini adalah Kesetaraan Tanggung Jawab antara Platform Global dan Media Nasional. Sesi yang dimoderatori oleh Shanti Ruwyastuti dari ATVSI ini menghadirkan nara sumber Sekretaris Jenderal Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional (PRSSNI) M. Rafiq, Neil R Tobing dari Viva Group, Ketua KPI Pusat Agung Suprio yang hadir langsung di lokasi Konvensi, serta Managing Director Vidio Monika Rudijono yang memaparkan materinya secara daring.

Sesi terakhir di hari pertama pelaksanaan Konvensi Nasional Media mengangkat tema Publisher Right di Berbagai Negara. Sesi yang dimoderatori oleh Anggota Dewan Pers Arif Zulkifli dengan nara sumber Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong, Pemimpin Umum Majalah SWA Kemal E Gani, Rod Sims selaku Chair of ACC Australia yang semuanya hadir secara daring serta Tokoh Pers Nasional Imam Wahyudi yang hadir memaparkan materi secara langsung.

Seluruh rangkaian kegiatan Konvensi Nasional Media Massa di hari pertama tersebut dapat di saksikan ulang melalui youtube Dewan. Pers.

By MediaCentre2| 09 Februari 2022 | berita |