"Dalam upaya mengembangkan kemerdekaan pers dan meningkatkan kehidupan pers nasional, di bentuk Dewan Pers yang independen."
(Pasal 15 UU No.40/1999 tentang Pers)

Dewan Pers Kunjungi Thailand



Rabu, 16 Agustus 2017

005-foto 5.jpg

Dewan Pers Indonesia dari tanggal 16-19 Agustus 2017 berkunjung ke Thailand, menemui rekan-rekannya, Dewan Pers Thailand ( the National Press Council of Thailand). Delegasi Dewan Pers Indonesia terdiri dari Nezar Patria (Ketua delegasi), Imam Wahyudi, Jimmy Silalahi, Ratna Komala dan anggota Kelompok Kerja Dewan Pers, Christiana
Chelsia. Dewan Pers Thailand dan Dewan Pers Indonesia telah menjalin hubungan yang erat yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani Ketua Dewan Pers Thailand, Chavarong Limpattamapannee dan Wakil Ketua Dewan Pers Indonesia, Ahmad Djauhar, pada 24 Mei 2016 di Jakarta. Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pers Ahmad Djauhar didampingi anggota Dewan Pers, Hendry CH Bangun, telah berkunjung ke Thailand pada 3 Juli 2017. Ahmad Djauhar diundang menjadi pembicara bersama wakil Dewan Pers Australia, Press Ombudsman Swedia dan Dewan Pers Myanmar pada acara konferensi internasional peringatan 20 tahun Dewan Pers Thailand dengan tema “International Experiences in Media Self-Regulation”.

Topik Swaregulasi

Dalam kunjungannya ke Thailand tersebut, rombongan Dewan Pers Indonesia yang dipimpin Ketua Komisi Hubungan Internasional Dewan Pers itu diterima Ketua Komisi Hubungan Internasional Dewan Pers Thailand didampingi oleh Ketua Dewan Pers Thailand, Chavarong Limpattamapanee. Rombongan kemudian berdialog dan berdiskusi dengan Dato Anusart Suwanmongkol dan Khunying Sumonta Promboon, keduanya anggota Dewan Legislatif Kerajaan Thailand (the National Legislative Assembly, the Kingdom of Thailand). Kedua mitra ini terlibat dialog dan diskusi intens terkait dengan sistim swaregulasi yang berlaku di Dewan Pers Indonesia, serta penerapan UU No.40/1999 tentang Pers. Selain itu, Dewan Pers Indonesia juga menjelaskan seputar mekanisme pengaduan masyarakat ke Dewan Pers di Indonesia melalui Hak Jawab dan Hak Koreksi, serta melalui mediasi dan adjudikasi. Kepada tamunya, kedua tokoh Thailand itu mengemukakan bahwa Pemerintah Thailand kini tengah berusaha membuat undangundang tentang pers. Untuk itu Dewan Pers Thailand memandang perlu mendengar secara langsung penjelasan dan pengalaman praktis Dewan Pers Indonesia yang mampu menjamin kemerdekaan pers di tengah lapisan masyarakat yang beragam suku dan bahasanya. Selain mengadakan dialog dan diskusi, rombongan Dewan Pers Indonesia juga menyempatkan berkunjung ke Mahachai Cable TV Ltd di Provinsi Samut Sakhon Direktur TV itu menjelaskan, meski berstatus ijin sebagai cable tv, Mahachai juga memproduksi konten lokal dari wilayah propinsi terkait, terutama berkaitan dengan pemberitaan. Ketua Komisi Hukum Dewan Pers Jimmy Silalahi yang juga Direktur Eksekutif Asosiasi TV Lokal Indonesia, melakukan dialog lebih khusus upaya membuka kerjasama untuk sharing konten lokal dari TV Lokal di Indonesia kepada Mahachai Cable Digital TV Ltd. (C-3)



Silahkan unduh file :

Sekretariat Dewan Pers
Gedung Dewan Pers Lantai 7-8
Jl. Kebon Sirih No.32-34 Jakarta 10110
Telp.021-3521488, 3504877, 3504874-75 Faks.021-3452030
Website: www.dewanpers.or.id Email: sekretariat@dewanpers.or.id