Aliansi Jurnalis Pamekasan Berdamai dengan Akademi Bidan

Aliansi Jurnalis Pamekasan Berdamai dengan Akademi Bidan
28 Maret 2011 | Administrator

PAMEKASAN--MICOM: Upaya mediasi yang dilakukan Dewan Pers terhadap perselisihan antara wartawan dan Akademi Kebidanan (Akbid) Aifa Husada Pamekasan, Jawa Timur  berakhir dengan kesepakatan damai.

Kedua belah pihak bersepakat untuk menyelesaikan perselisihan itu dengan jalan musyawarah dan menghentikan proses hukum yang sedang ditempuh.

Mediasi yang dipimpin Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers Dewan Pers, Agus Sudibyo, menyepakati dua hal antara lain, sepakat menarik pengaduan ke Polres Pamekasan dan menyelesaikan masalah secara damai di hadapan Dewan Pers. Kesepakatan lainnya, bersedia saling memaafkan dan memperbaiki komunikasi serta saling menghargai.

Agus Sudibyo mengatakan perselisihan yang terjadi antara wartawan dan Akbid Aifa Husada disebabkan masyarakat dan sebagian lembaga publik di kabupaten itu belum memahami secara utuh Kode Etik Jurnalistik dan Undang Undang Pers. Sehingga wartawan belum mendapat perlakuan yang layak pada saat mereka melaksanakan tugasnya.

"Kami berencana untuk mengadakan acara di Pamekasan dan beberapa daerah lain yang mungkin kondisinya sama dalam bentuk seminar atau lainnya  untuk sosialisasi Undang Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Di Pamekasan kami akan kerjasama denga Polres atau pemerintah setempat," kata Agus Sudibyo.

Konflik yang berujung saling lapor antara Akbid Aifa Husada dengan para jurnalis di Pamekasan itu berawal saat terjadi peristiwa kesurupan mahasiswi di kampus pencetak calon bidan tersebut. Sebanyak 11 orang wartawan yang akan meliput peristiwa itu dihalang-halang petugas keamanan kampus tersebut hingga sempat terjadi ketegangan.

Mendapat perlakuan itu, para wartawan melalui Aliansi Jurnalis Pamekasan (AJP) mengirim somasi ke Akbid. Dalam somasi yang ditandatangani ketuanya, Nadi Mulyadi, itu para wartawan meminta Akbid Aifa husada meminta maaf.

Namun, somasi itu ditanggapi dengan laporan ke Polres Pamekasan dengan tuduhan memasuki pekarangan tanpa izin.

Sementara, merasa somasinya tidak ditanggapi, AJP juga melaporkan pihak Aifa Husada ke polisi dengan tudingan menghalangi tugas wartawan. (OL-12) (Muhammad Ghozi)

 

Sumber: www.mediaindonesia.com | Minggu, 27 Maret 2011 20:45 WIB

http://www.mediaindonesia.com/read/2011/03/27/213414/92/14/Aliansi-Jurnalis-Pamekasan-Berdamai-dengan-Akademi-Bidan



Download