Meliput Pemilu dengan Bebas dan Independen

images

Jakarta (Berita Dewan Pers) – Ketua Dewan Pers, Bagir Manan, mendorong pers untuk turut menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) dengan tetap menjaga kebebasan dan independensi.

“Sudah semestinya media turut serta menyukseskan Pemilu,” tegas Bagir Manan saat berbicara dalam diskusi peliputan tentang pemilu yang digelar Dewan Pers, di Sekretariat Dewan Pers, Jakarta. Diskusi ini dihadiri Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, Husni Kamil Manik, praktisi dan pengamat pers.

Bagir Manan menambahkan, kalangan pers perlu terus mendialogkan hal-hal yang menjadi fokus pers selama proses Pemilu. Pers harus menemukan cara terbaik untuk ikut mendorong Pemilu yang sukses dari segi proses dan hasil.

Dalam diskusi yang sama, Husni Kamil Manik melihat ada dua kecenderungan berlawanan yang perlu disikapi untuk dicari jalan tengahnya. Dua hal itu terkait keinginan mengatur pers secara ketat dalam Pemilu. Sebaliknya, ada pihak yang menghendaki pers tetap diberi kebebasan yang luas.

“Kita ingin yang moderat seperti apa, sehingga Pemilu bisa sukses, peran media optimal dan partai bisa berkreasi untuk mengundang simpati masyarakat yang lebih luas,” katanya.

Husni menegaskan, KPU memberi perhatian besar agar media bisa berperan signifikan untuk menyukseskan Pemilu 2014.

Terkait Peraturan KPU No. 1 Tahun 2013 yang memuat ketentuan tentang pembredelan terhadap pers, Husni memastikan ketentuan itu akan segera dicabut. Namun, revisi terhadap Peraturan KPU tersebut belum bisa dilakukan karena harus menunggu ada pertemuan KPU dengan DPR. (red)

By Administrator| 13 Juni 2013 | berita |