Beri Informasi Lengkap Kepada Masyarakat

images

Jakarta (Berita Dewan Pers) - Ketua Dewan Pers, Bagir Manan, menilai pers Indonesia sangat responsif terhadap berbagai persoalan bangsa. Sikap itu harus disertai dengan memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat. Pers sering tidak tuntas memberi informasi tentang satu isu tertentu karena cepat beralih ke isu lain.

 

“Banyak isu dan peristiwa, kita (pers) tenggelam dalam mobilitasnya. Tidak berpikir memberi informasi yang lengkap,” ujar Bagir Manan saat berbicara di depan peserta halalbihalal dan dialog komunitas pers yang digelar Dewan Pers di Jakarta, Selasa (28/8/2012).

 

Acara ini dihadiri sejumlah tokoh pers, pemimpin redaksi pers, anggota Dewan Pers, anggota Komisi Penyiaran Indonesia, serta pengurus organisasi pers.

 

Dalam sambutannya, Bagir Manan menyinggung peristiwa kekerasan terhadap warga Syiah di Sampang, Madura, Minggu (26/8/2012). Menurutnya, kekerasan tersebut merupakan tragedi kemanusiaan yang tidak boleh terulang. Masyarakat harus belajar menerima perbedaan sebagai bagian dari kebebasan berpikir.

 

“Tidak ada kebebasan tanpa tanggung jawab dan toleransi,” tegas mantan Ketua Mahkamah Agung ini.

 

Dalam acara ini juga dibahas perkembangan pers dan kemungkinan revisi Kode Etik Jurnalistik. Secara bergilir peserta diminta memberikan tanggapan terkait persoalan tersebut. Di akhir acara, Bagir Manan memberikan apresiasi kepada peserta yang telah menyampaikan pendapat dan masukan.

 

“Keberanian kita mempersoalkan diri sendiri (pers), bukan orang lain, ini sikap yang bagus.” Ia menambahkan “Tidak ada yang sempurna. Sikap untuk terus memperbaiki, itu yang penting.”

 

Pengaduan

Pada acara yang sama, Anggota Dewan Pers, Agus Sudibyo, menyatakan selama tahun 2012 Dewan Pers menerima limpahan tujuh kasus pers dari kepolisian. Hal ini bagian dari pelaksanaan Nota Kesepahaman antara Dewan Pers dan Kepolisian yang ditandatangani pada Februari 2012.

 

Ia menjelaskan, selama tahun 2012 ada 27 pengaduan yang diselesaikan Dewan Pers melalui mediasi. Sebelas kasus lainnya selesai dengan keluarnya Pernyataan Penilaian dan Rekomendasi dari Dewan Pers. Hingga Agustus 2012 total ada 364 pengaduan yang diterima Dewan Pers. (red)

 

By Administrator| 29 Agustus 2012 | berita |