Sambut Purnabakti Bagir Manan, Dua Buku Diluncurkan

images
Bandung (Berita Dewan Pers) – Peringatan 70 tahun Bagir Manan dan peluncuran dua buku mewarnai acara purnabakti Prof. Dr. Bagir Manan, S.H., M.C.L., di Graha Sanusi Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Sabtu (15/10/2011).

Acara ini dihadiri sejumlah pejabat negara, aktivis, dan akademisi, di antaranya M. Jusuf Kalla (mantan Wakil Presiden), Adnan Buyung Nasution (praktisi hukum), Patrialis Akbar (Menteri Hukum dan HAM), Muhaimin Iskandar (Menakertrans), Harifin A. Tumpa (Ketua MA), dan Bambang Harymurti (Wakil Ketua Dewan Pers).

Buku pertama yang diluncurkan berjudul “70 Tahun Prof. Dr. Bagir Manan, S.H., MCL. Ketekunan, Keteguhan, Kesabaran, Memajukan Hukum dan Demokrasi,” ditulis oleh Hikmat Kusumaningrat dan Purnama Kusumaningrat. Keduanya adalah mantan wartawan harian Kompas. Tebal buku 420 halaman, diterbitkan oleh Rosda dan PSKN-HTN FH Unpad.

Buku yang memuat kata sambutan dari mantan Wakil Presiden, M. Jusuf Kalla, ini berisi 13 bagian. Ke-13 bagian itu menggambarkan perjalanan hidup Bagir Manan, dimulai saat ia menjadi mahasiswa di Unpad sampai pada kehidupan keluarga besarnya saat ini. Dalam rentan waktu tersebut, Bagir Manan pernah menjabat sebagai Direktur Perundang-Undangan Departemen Kehakiman, Dirjen Hukum dan Perundang-Undangan Departemen Kehakiman, Anggota DPRD Kotamadya Bandung, Anggota Komisi Ombudsman Nasional, Rektor Universitas Islam (Unisba), dan Ketua Mahkamah Agung. Saat ini ia adalah Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Tata Negara Unpad dan Ketua Dewan Pers.

Buku kedua berjudul “Negara Hukum yang Berkeadilan. Kumpulan Pemikiran dalam Rangka Purnabakti Prof. Dr. H. Bagir Manan, S.H., M.CL.” Ada 45 tulisan dari kolega dan murid Bagir Manan yang termuat di buku setebal 741 halaman ini. Tulisan-tulisan itu terpisah dalam enam tema besar yaitu pemikiran dasar negara hukum; negara hukum dan ketatanegaraan; negara hukum dan demokrasi; negara hukum dan HAM; negara hukum dan pembangunan; dan negara hukum dan penegakan hukum. Buku ini diterbitkan oleh Rosda dan PSKN-HTN FH Unpad. (red)

 

By Administrator| 17 Oktober 2011 | berita |