Insiden Global TV – Raul Lemos Diselesaikan Dewan Pers

images

Jakarta (Berita Dewan Pers) – Insiden yang terjadi antara dua wartawan Global TV dan Raul Dos Reis Lemos di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Senin, 25 Juli lalu, berakhir melalui mediasi yang digelar Dewan Pers di Jakarta, Selasa (16/8).

Global TV, yang diwakili Pemimpin Redaksi Arya Mahendra Sinulingga, dan Raul Lemos bersedia menandatangani Risalah Penyelesaian Masalah yang berisi empat poin.

Pertama, keduanya sepakat menyelesaikan kasusnya melalui mediasi Dewan Pers dan tidak melanjutkan ke proses hukum. Keduanya juga sepakat memperbaiki cara komunikasi untuk mencegah kemungkinan terjadinya insiden serupa.

Sementara itu, Raul Lemos menyadari kesalahannya, bersedia meminta maaf kepada Global TV dan berjanji untuk tidak mengulangi lagi kesalahannya.

Terakhir, Global TV berkomitmen untuk senantiasa menaati kode etik jurnalistik dalam melakukan kerja jurnalistik, bersedia mengintensifkan komunikasi dengan Dewan Pers terkait masalah-masalah Kode Etik Jurnalistik.

Kesepakatan ini dicapai setelah Dewan Pers mendengarkan keterangan dari Global TV dan Raul Lemos selama sekira dua jam. Dewan Pers menilai Raul Lemos telah melakukan tindakan yang mengarah kepada kekerasan dan mengucapkan kata-kata kasar kepada wartawan Global TV. Namun, Dewan Pers sejauh ini tidak menemukan itikad buruk dari suami penyanyi Krisdayanti itu. (red)

By Administrator| 16 Agustus 2011 | berita |