Dewan Pers Ajak Pers Mahasiswa Lawan Hoaks

images

SURAKARTA - Dewan Pers mengajak pers mahasiswa untuk melawan hoaks, dengan cara membuat berita yang baik demi mendukung terciptanya karya jurnalistik yang berkualitas. Hal ini disampaikan Wakil Ketua Dewan Pers, M Agung Dharmajaya di Surakarta, (23/05/23) dalam Studium Generale yang merupakan bagian dari rangkaian program Dewan Pers Goes to Campus.

"Pastikan apa yang Anda tulis, bukan 'katanya' dan bukan 'rasanya'. Informasi harus diidentifikasi lebih lanjut dan diverifikasi lagi," imbaunya.

Berkolaborasi dengan Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI), studium generale yang bertajuk “Kemerdekaan Pers, Jurnalisme Warga, dan Peran Media Sosial” ini bertujuan untuk menyemai bibit-bibit jurnalisme berkualitas di kalangan mahasiswa. Sekitar 200 aktivis pers mahasiswa yang tengah mengikuti kongres PPMI dari seluruh Indonesia hadir mengikuti acara.  Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Sri Hastjarjo, Ketua Komisi Informasi dan Komunikasi Dewan Pers, Asmono Wikan, dan Redaktur Pelaksana Digital-Multimedia Solopos, Danang Nur Ihsan.

Agung juga meminta agar mahasiswa bisa melahirkan karya jurnalistik yang tetap mengikuti kaidah jurnalistik di lingkungan kampus. Menurutnya, pers mahasiswa harus menjadi garda terdepan untuk memberikan contoh dan melakukan edukasi pemberitaan yang baik sesuai kaidah jurnalistik. Hal ini sejalan dengan fungsi mahasiswa yang menjadi agen perubahan di lingkungan masyarakat luas.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Sri Hastjarjo, juga turut menyambut gembira kehadiran Dewan Pers dan peserta kongres. Ia berharap pers mahasiswa menjadi sari tauladan bagi mahasiswa lain terlebih untuk masyarakat luas dan juga bisa bersinergi dengan Dewan Pers untuk kemajuan jurnalistik Indonesia.

"Semoga PPMI bisa menjadi contoh yang baik bagi pers di kampus masing-masing demi kemajuan jurnalistik di Indonesia," ujar Sri. ***

By MediaCentre2| 28 Mei 2023 | berita |