UKW di NTB "Kolaborasi untuk Peningkatan Kompetensi Wartawan” Fasilitasi Gratis Dewan Pers untuk Uji Kompetensi Wartawan di NTB

images

Mataram, 28 Maret 2022. Rahmat Hidayat, Kepala Lembaga Uji IJTI, mewakili lembaga penyelenggara uji kompetensi wartawan, melaporkan bahwa pelaksaaan UKW yang akan dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 28 sampai dengan 29 Maret 2022 di Hotel Golden Palace Mataram ini merupakan kolaborasi Dewan Pers bersama tiga lembaga uji, IJTI, LKBN ANTARA dan PWI. Kegiatan ini direncanakan akan diikuti oleh 50 wartawan cetak, siber dan TV pada tingkat wartawan muda dan wartawan madya.


Agung Dharmajaya, Anggota Dewan Pers dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada tiga Lembaga Uji yang telah berkolaborasi dalam penyelenggaraan UKW di NTB. Apresiasi juga kepada Bappenas yang senantiasa mendukung Dewan Pers dalam menyelenggarakan upaya peningkatan kompetensi wartawan di Indonesia, salah satunya melalui program fasilitasi Uji Kompetensi Wartawan yang gratis bagi wartawan di 34 provinsi di Indonesia. 


Plt. Direktur Politik dan Komunikasi, Drs.Wariki Sutikno, MCP, memberikan apresiasi Kepada Dewan Pers atas upaya kreatif dalam menyikapi segala keterbatasan untuk tetap berupaya maksimal memberikan sumbangsih pada peningkatan kemerdekaan pers di Indonesia, upaya kolaborasi menjadi jalan keluar ditengah segala keterbatasan. Pendidikan moral dan etika menjadi dasar pengembangan professional. Bappenas berharap melalui uji kompetensi wartawan ini, wartawan menjadi lebih bertanggungjawab serta seninantiasa menjunjung etika profesi.


Mewakili Gubernur NTB, Kadis Kominfotik Dr. Nazamuddin Amy, S. Sos,. MM., membuka kegiatan Uji Kompetensi Wartawan. Dalam sambutannya, Kadis Kominfotik NTB menyampaikan bahwa kompetensi merupakan sebuah keunggulan. Wartawan diharapkan menjalankan profesi secara lebih amanah, berkah dan diridloi Allah SWT. Pemahaman dan penerapan etika didapat dari proses pembelajaran yang dilakukan sehari-hari (behavioral engineering). Apresiasi dan penghormatan juga pada segenap wartawan dan jurnalis yang telah mendukung kesuksesan perhelatan besar MotoGP di Mandalika. “Melalui pemberitaan yang baik, saat ini kita tuai berkahnya. Banyak sektor ekonomi dan sosial yang bangkit. Ini salah satu keberkahan dari diseminasi informasi positif yang selama ini kita jalankan”.


Kegiatan UKW di NTB ini merupakan rangkaian program fasilitasi Dewan Pers tahun Anggaran 2022 untuk penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan di 34 provinsi di Indonesia. Program ini diharapkan dapat mempercepat peningkatan sertifikasi wartawan di Indonesia. Program ini juga merupakan upaya nyata Dewan Pers untuk mendorong peningkatan indeks kemerdekaan pers di seluruh provinsi melalui indikator pengembangan kompetensi SDM wartawan. (Sekretariat Dewan Pers - Wawan Agus Prasetyo)

By MediaCentre2| 28 Maret 2022 | berita |