Dewan Pers Berikan Apresiasi Kepada Jurnalis Maluku

images

AMBON,PELAGANDONG.COM : Dewan Pers (DP) berikan appresiasi kepada Jurnalis Maluku yang mana telah berhasil mengawal seluruh proses Pemilu pada bulan April lalu,pada hal saat itu Provinsi Maluku masuk dalam kategori daerah rawan konflik pemilu versi Bawaslu RI. Maluku menduduki peringkat ke-4 daerah rawan pemilu setelah Sumatera Barat, Yogyakarta dan Papua Barat,namun kenyataan yang terjadi Pemilu berjalan aman damai dan lancar,hal ini diungkapkan , Ketua Hukum Dewan Pers, M. Agung Dharmajaya pada acara workshop pasca Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019 di lantai I, Ruang Saparua, Swiss-Belhotel, Kamis (04/07/2019).

Kegiatan yang digelar DP ini diikuti puluhan Jurnalis Maluku yang berasal dari perwakilan Media cetak,Online maupun Elektronik,dan ketua – ketua Organisasi Pers dalam kesempatan itu membahas tentang tugas pers usai perhelatan politik lima tahunan dilakukan secara serentak se-Indonesia pada April lalu.

Dharmajaya mengatakan , media tak selayaknya menjadi dalang atau ikut terlibat atas berbagai persoalan di tengah masyarakat. Saat meliput penghitungan suara, secara bersamaan media sebaiknya menjelaskan tahapan atau mekanisme yang sebenarnya dan mengawal proses rekapgitulasi suara hingga tuntas sesuai dengan aturan yang sebenarnya
Jurnalis dinilai turut andil menyukseskan pemilu, di sisi lain media tampak enggan memberitakan soal kerumitan pemilu dan mempublikasi para caleg dan calon anggota DPD maupun DPR RI.Jurnalis cenderung hanya meliput soal paslon capres dan cawapres beserta tim sukses masing-masing.

“Pertanyaannya, bagaimana pers bisa ikut mendorong peningkatan partisipasi pemilih dan mewujudkan pemilu berkualitas,” katanya.

Dia menambahkan Jurlanis di Maluku telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dapat mendinginkan suasana bukan memicu keadan selama pemilu berlangsung

Jurnalis hendaknya lebih ekstra hati-hati dan fair dalam membuat produk pemberitaan, tidak memihak, non partisan dan memperlakukan secara seimbang semua kontestan. apalagi meminjam istilah kaum Milenials dan Gafok alias Gagal Fokus. Mengingat begitu banyak kepentingan yang terkandung didalam penyelenggaraan pemilu,pungkasmya (PG-02).

Sumber : https://pelagandong.com/2019/07/04/dewan-pers-berikan-apresiasi-kepada-jurnalis-maluku/

By aldo21| 05 Juli 2019 | berita |