Siaran Pers: Badan Pekerja Lakukan Seleksi Awal Calon Anggota Dewan Pers

Siaran Pers: Badan Pekerja Lakukan Seleksi Awal Calon Anggota Dewan Pers
18 00:00:00 Juli 2015 | Administrator

Badan Pekerja Pemilihan Anggota Dewan Pers (BPPA) 2010-2013, yang diberi mandat Dewan Pers untuk melakukan seleksi, sudah mulai melakukan seleksi awal terhadap nama-nama calon yang masuk ke sekretariat Badan Pekerja. Hingga batas akhir pencalonan, 10 Desember 2009 lalu, ada 39 nama yang masuk dalam daftar calon.
Pemilihan ini dilakukan mengingat masa kerja Dewan Pers periode 2007-2010 yang akan segera berakhir. Sesuai Undang Undang Nomor 40 tahun 1999, anggota Dewan Pers ditentukan sebanyak 9 orang, yang komposisinya terdiri atas wakil dari unsur wartawan, unsur perusahaan pers, dan unsur tokoh masyarakat.

Seleksi awal Badan Pekerja ini dilakukan dalam rapat Jumat, 11 Desember 2009 di Sekretariat Dewan Pers di Gedung Dewan Pers Lantai 7 Jl. Kebon Sirih No. 32 Jakarta Pusat. Rapat diikuti semua anggota Badan Pekerja: Karni Ilyas (Ketua), Abdul Manan (Sekretaris), Asmono Wikan, Jimy Silalahi, Imam Wahyudi, Irwan Hidayat, dan Priyambodo RH.

Calon-calon itu awalnya diverifikasi kelengkapannya, baik syarat umum maupun administrasi. Syarat umum meliputi pemahaman terhadap kehidupan pers nasional dan komitmennya untuk mendukung kemerdekaan pers, memiliki integritas pribadi, memiliki sense of objectivity dan sense of fairness, serta memiliki pengalaman luas tentang demokrasi, kemerdekaan pers, mekanisme kerja jurnalistik, ahli di bidang pers dan atau hukum pers.

Syarat administrasi meliputi: pernyataan kesediaan dicalonkan, menyerahkan riwayat hidup, tanda pengenal yang masih berlaku, menyertakan foto, serta surat keterangan dari perusahaan tempatnya bekerja untuk calon dari unsur wartawan dan unsur perusahaan pers.

Dari 39 calon itu, ada 18 nama yang masuk dalam tahap seleksi awal. Masing-masing, dari unsur wartawan yaitu Bambang Harymurti, Heru Hendratmoko, Bekti Nugroho, Henri Ch. Bangun, Margiono, dan Ilham Bintang. Dari unsur perusahaan pers: Zulfiani Lubis, ABG Satria Naradha, Shidki Wahab, M. Ridlo 'Eisy, Mario Alisjahbana, dan Danie Hindrawan Soe'oed. Sedangkan dari unsur tokoh masyarakat: Amir Effendi Siregar, Bagir Manan, Agus Sudibyo, CHR Alex Kumara, Wina Armada, dan Kamsul Hasan.

Calon ini nantinya akan diseleksi untuk menjadi 9 orang. Rencananya, seleksi lanjutan akan dilakukan dalam rapat pada 28 Desember 2009. Menurut Statuta Organisasi Dewan Pers, seleksi berikutnya akan dilakukan oleh Badan Pekerja, yang berisi perwakilan organisasi wartawan dan perusahaan pers yang lolos veriifikasi Dewan Pers, serta tiga wakil dari anggota Dewan Pers periode 2007-2010.

Tujuh organisasi yang lolos verfifikasi Dewan Pers itu masing-masing Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Republik Indonesia (PRSSNI), Serikat Penerbit Suratkabar (SPS), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Sesuai jadwal yang dibuat Dewan Pers, pemilihan anggota Dewan Pers baru ini diharapkan selesai akhir tahun 2009 agar awal Januari 2010 bisa diproses pengesahannya ke Sekretariat Negara untuk dikukuhkan dalam keputusan presiden pada Februari 2009.*

Badan Pekerja Pemilihan Anggota Dewan Pers