"Dalam upaya mengembangkan kemerdekaan pers dan meningkatkan kehidupan pers nasional, di bentuk Dewan Pers yang independen."
(Pasal 15 UU No.40/1999 tentang Pers)

Wartawan Tempo TV Pingsan Dipukul



Lokasi : Bogor , Jawa Barat

BOGOR (tempointeraktif.com) - Wartawan Tempo TV, Syarifah Nur Aida, dipukul hingga pingsan oleh orang tak dikenal kemarin. Pemukulan itu terjadi saat Syarifah meliput penambangan pasir di RT Ol RW 05 Desa Sukamulya, Rumpin, Kampung Bitung, Bogor. Lahan tersebut sudah lama menjadi sengketa antara warga dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara.

Kejadian itu berlangsung saat Syarifah sedang sendirian. "Ia tidak mendengar atau melihat pelaku, tahu-tahu ia merasa sakit di tengkuknya, lalu pingsan," ujar rekan korban, yang juga berada di lapangan, Mahfud Effendy.

Tim Tempo TV kemudian menemukan Syarifah tergeletak di tengah jalan. Tempat kartu memori di kameranya terbuka. "Memory card-nya ditemukan warga tergeletak tidak jauh dari lokasi Syarifah," ujar Mahfud.

Ketika diungsikan ke rumah warga, seseorang berjaket hitam, yang mengaku dari Pos Keamanan Atang Sendja-ja, datang menanyakan identitas tim Tempo TV. "Ia mengatakan kenapa tidak izin dulu,kan di sini ada pemiliknya."

Menurut Kepala Kepolisian Sektor Rumpin Komisaris Nundun, berdasarkan visum, polisi menduga Syarifah pingsan akibat kelelahan. "Korban dalam keadaan sakit." Luka memar di tengkuk, menurut dia, disebabkan oleh benturan kamera.

Namun Manajer Program Tempo TV Nur Hidayat yakin reporternya mengalami tindak kekerasan. "Korban merasa dipukul. Memar itu membuktikan bahwa dia dipukul." Ia mengatakan tidak akan menghentikan liputan penambangan pasir itu.

Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) mengutuk dugaan kekerasan terhadap reporter Tempo TV itu. Ketua Umum IJTI Imam Wahyudi meminta penegak hukum mengusut tuntas kasus ini.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Kolonel Azman Yunus membantah adanya pemukulan terhadap Syarifah. Menurut dia, mengutip laporan polisi, Syarifah pingsan karena sakit. "Apalagi jalan kaki sejak pagi," ujarnya tadi malam.

Sumber: www.tempointeraktif.com / 29 Jul 2011

Sekretariat Dewan Pers
Gedung Dewan Pers Lantai 7-8
Jl. Kebon Sirih No.32-34 Jakarta 10110
Telp.021-3521488, 3504877, 3504874-75 Faks.021-3452030
Website: www.dewanpers.or.id Email: sekretariat@dewanpers.or.id